Jumat, 11 Mei 2012

Perjalanan Gagal Ke Karimun Di Kala Musim Badai

Selaen disamping skripsi ternyata nulis itu menyenangkan (cuuh !). Karena siang ini gak ada kerjaan gue bongkar-bongkar data komputer dan menemukan gambar pas liburan horror menuju karimun jawa bulan januari kemaren.

Bisa sehoror ini apa sebenernya karena belum menyatu dengan alam, karena sering buang aer kecil gak siram atau karena lupa akan nama dosen anatomi. Aah sesuatu.

Rencana ini mulai tersusun pada akhir desember ketika seorang teman gue bernama Dimas datang dengan pacarnya ke kontrakan untuk menawarkan kredit panci selama 5 bulan, bukan bukan, dia datang dengan maksud menawarkan cinta, bukan !!!!!!, dia datang buat ngajak gue merencanakan liburan singkat ke karimun jawa.

Karimun jawa? Hmmm terdengar gak asing, karena gue sering denger kabar tentang pulau ini, pulau indah bak pragawati lagi shuffle dance. Dengan pikir pendek gue langsung tertarik dan mensetujui rencana horror itu. (bener-bener KEPUTUSAN YANG SALAH)

Keesokan harinya gue ngumpulin pasukan yang akan siap untuk berlibur ke karimun, dengan mengadakan rapat sebanyak 3x dan mengadakan tarian misteri di gunung lawu 2 hari 2 malam, gue berhasil ngumpulin pasukan sebanyak 9 orang (iya itu prestasi).

Hari demi hari sebelum hari keberangkatan mulai tercium bau-bau pesimis teman-teman yang akan mengundurkan diri dari perjalanan horor ini. Ketika di rapat terakhir yang kita adakan, gue menemukan tulisan di situs parawisata dengan kata-kata, “semua paket wisata yang dilakukan pada bulan januari sampai april akan ditiadakan karena cuaca yang tidak mendukung”. 

Hmmmmm gue berfikir “ah elaaaa tulisan seorang paket wisata cemeeen”, pada waktu yang bersamaan adek gue sms dengan tulisan “kak jangan ke karimun bulan-bulan sekarang, cuaca lagi gak bagus”, dan cuma gue bales “nice inpoh gan”. Namanya udah rencana yang lumayan bagus jadi gue gak mungkin mundur dengan rencana horor ini.

H-1 total yang berangkat ternyata hanya 4 orang termasuk gue. Aaaaaaaahhhhhhhh gila, dan yang lebih parah yang buat rencana ini ikut ngundurin diri. (-___-“) . Tapi gue tetep jalan dengan rencana, jadi 4 orang tadi tetep berangkat dengan jiwa terhina.

Kita kumpul jam 9 malem dikostan salah seorang temen gue, ketika jumlah jiwa 4 orang itu udah terkumpul, kita segera cari bis menuju semarang.


Dapet bis yang kesemarang sekitar jam 00.30an tengah malam, naek dan langsung tepar aja dibis, eeh bangun-bangun udah di Bandung dalam pelukan gadis-gadis Bandung, maksudnya bangun-bangun kita udah ada di terminal semarang sekitar jam 02.30an, duduk-duduk dulu sebentar sekalian nunggu temen ke WC buat melakukan ritual ayamnya, nelek.

Tapi ternyata angkutan dari semarang ke jepara jam segitu belum ada, akhirnya kita naek minibus menuju demak. Dari sinilah dimulai prinsip murah tawar menawar kepada kernet bis. Dengan jiwa ibu-ibu kena diskon akhirnya kita dapet ongkos semarang-demak Rp. 5000/orang. Setelah itu kita sambung perjalanan dengan minibus lagi dari demak-jepara, sebenernya ongkosnya tetep Rp. 5000/orang, tapi karena Ibnu terlalu baek dia ngasih Rp. 40.000/4orang, dia tipe backpackers sedekah. 
[INFO] perjalanan dari demak-jepara dipastikan akan berbarengan dengan para pedagang penjual sayur dan buah, mereka akan berjualan di pasar-pasar jepara, jadi kita berangkat ditemani sayur bayem.

Sampe di terminal jepara jam 04.30an subuh dengan cuaca hujan walau gak deres tapi  berintensitas lama. Dari terminal jepara menuju dermaga yang ada dipantai kartini kita naek becak dengan harga Rp.10.000/2orang/becak/kg/butir/biji. 
[info] : kalo abang becaknya curhat tentang keluarga jangan didenger atau kalian akan memberikan uang diatas harga normal, modus dalam trik sedekah)


Nyampe dermaga sekitar jam 06.00 kurang dengan keadaan pelabuhan masih sepi dan hujan yang masih ada. Sekitar jam 07.00 pagi hari sabtu para warga yang mau melintas ke karimun juga udah berkumpul dan berdansa (ngapaiiiiin??!!), tapi mendadak ada pengumuman dari pihak ASDP bahwa penyebrangan hari ini menuju karimun DIBATALKAN dikarena ombak yang tinggi. Langsung terpukul hati ini, terbakar jiwa ini, tersungkur badan ini, tertatih raga ini dan terjerumus ingus ini. 

Kita berempat masih di dermaga buat berfikir rencana yang akan kita lakuin selanjutnya, akhirnya melalui pemikiran panjang kita tetep stay di jepara buat ikut penyebrangan pada hari senen, jadi kita bakal 2 hari di jepara tanpa kejelelasan kapan menikah (????). 

Di dermaga gue kenalan dengan seorang penduduk asli karimun yang terdampar dipulau jawa. Namanya Yadi, tinggi rata-rata, berat rata-rata, tampang rata-rata dan sempak kayaknya agak lebih kecil dari rata-rata. 
Kita kenalan dengan Yadi dan ngobrol banyak dan ketika sampai diujung pembicaraan :
Y  : Kalian tidur dimana?
I   : Ya disini, ada disini (*backsound, god bles – rumah kita)
Y  : Di dermaga? Nginep di rumah sodarku gimana?Gratis kok
I   : gak usah ah gak enak (takut dikenain tarif)
Y  : Gpp kok, santai aja.
I   : Okeh deh, fasilitasnya apa aja? ada AC? Tivi?
Y : ………………………..

Setelah menunggu sekitar 2 jam dateng mobil sejenis daihatsu hijet 1000 (yg awalnya kita pikir limosin), kita dijemput dan nginep secara gratis.
Yadi Si Orang Karimun
Dirasa cukup memberatkan dan merepotkan kita hanya nginep 1 minggu aja, loh 1 hari maksudnya. Selanjutnya kita tidur dimasjid yang ada di pantai kartini, dan dimasjid ini kita kenalan dengan rombongan backpackers asal anak-anak UNPAD Bandung. Kita tukar cerita, tukar baju dan tukar pacar.

Pagi Selasa jam 6 pagi, cuaca terang dan gak ada tanda-tanda bakal ada badai, aah sempurna. Gue pun ngantri tiket pembelian untuk kapal yang bakal berangkat jam 9. Dan kembali berkenalan dengan rombongan anak-anak dari Bandung. aaah jangan-jangan ini jalan gue buat bisa menikahi gadis-gadis Bandung.

doc pribadi


Tiket sudah ditangan dan kita berangkat dengan perasaan riang gembira. Perjalanan menuju karimun sekitar 6 jam pun DIMULAI.


2 jam awal perjalanan mulai mengkhawatirkan dengan angin kencang, selanjutnya kapal (aaah males gue cerita, pokoknya kalo lu mau ngerasaainnya sama bahkan melebihi naek kora-kora di dufan !!).
Karena cuaca gak memungkinkan jadi kapal muter balik lagi kejepara, pulang kejeparapun dengan keadaan kora-kora selama 3 jam !!! bayangin cooooooooooooy !!!. goyang maut !!! goyang Inul jelas kalah !!, goyang ape dah menurut lu yg maut pasti kalah !!

Gue udah kirim pesen singkat (SMS) ke dua orang terdekat gue. Yang isi nya “gue pesen bakso dan es teh aja”, ah itu sms yang kemaren, hmmm oh ini “kapal gue dalam keadaan kacau, kalo gue gak ada kabar dalam 2x24 jam, lu tau apa yang lu harus lakukan, dan inget jangan pesen es teh !!”.

Tapi namanya Allah masih sayang sama isi semua kapal, jadi kapal berhasil bersandar pulang ke jepara lagi dengan selamat. Isi kapal itu selain truk, mobil, motor, sembako, dan penumpang, juga banyak berceceran isi perut penumpang berupa nasi tadi pagi. Aromanya, jelas Aroma terapi.

Ini pengalaman ter ter horor dalam hidup gue, jangan lagi berlibur ke daerah pulau kalo lagi dalam cuaca badai, bisa gila !!!, orang gila naek ni kapal gue jamin jadi waras !!!!

Lebih jelas gue kasih beberapa gambar kejadian, beberapa sisanya ada dalam memori indah nan mengkhawatirkan.

doc pribadi

doc pribadi

doc pribadi

doc pribadi
doc pribadi
 
doc pribadi
doc pribadi

doc pribadi
doc pribadi

7 komentar:

  1. keren ponk,,,lanjutkan,,,
    kok cerita waktu kapal bergoyangnya kurang panjang ponk tambahin juga ada "iron man" yang berenang dari tengah laut sampe jepara nya ponk,,,hahha,,,
    salam backpackers,,,(^^)v

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha sialan lu wan, cerita yang kapal bergoyang gak gue lanjutin. cukup digambar aja. gue takut muntah kalo gue ceritain. hahaha

      Hapus
  2. bersyukur aja bro, kejadian horor kek gini gak akan terulang yang kedua kalinya..

    BalasHapus
  3. rencana mau ke karimunjawa tapi baca cerita mas jadi petimbagin waktu yg tepat dulu, postingan backpack ke pulau sempu gak dibikin cerita mas? kmren udah ngrencanain ke sempu dan udah sampe di malang tapi gagal karena terlalu bahaya buat cewek yang masih "teenagers" buat kesana cuman berdua aja (pendapat orang2 yg kita tanyain disana)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalo ke karimun pertimbangkan waktu secara tepat, musim panas atau kemarau adalah waktu yg bener-bener sangat pas..

      dan soal sempu, hmmmm males ngetiknya.. dan yg ke sempu itu lu cewe 2 orang?? mending buat rombongan aja sekitar 5 orang lebih dan harus ada cowoknya, cewek yg masih newbie juga gak masalah, adek gue cewe dan untuk pertama kalinya ke sempu dan ke gunung lawu bisa dilewati tanpa harus pengalaman..

      Hapus
  4. Mari ke karimun jawa bersama keluarga maupun teman! kunjungi situs kami http://karimunjawamenjanganresort.com untuk info paket berlibur

    BalasHapus